Jakarta-Humas BKN, Sesuai amanat Undang-Undang Aparatur Sipil Negara bahwa BKN sebagai lembaga pemerintah yang diberi mandat membina dan menyelenggarakan manajemen ASN secara nasional, untuk mewujudkan pengelolaan manajemennya secara transparan dan objektif, BKN telah membangun metode seleksi dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Guna meningkatkan pemanfaatannya, BKN pada tahun 2018 akan melakukan pemetaan PNS khusus jabatan pelaksana secara nasional. Hal itu diawali dengan pelaksanaan Rapat Persiapan Pemetaan Jabatan Pelaksana PNS tahun 2018 dengan Metode Computer Assisted Test (CAT) BKN, pada Selasa (9/1/2018) di Ruang Rapat lantai 2 Gedung II BKN Pusat Jakarta dan dihadiri Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti, sejumlah pejabat dan pegawai terkait di lingkungan BKN.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen BKN, Heri Susilowati mengatakan pemetaan yang akan dilakukan dengan CAT BKN tahun ini akan ditujukan pada PNS dengan jabatan pelaksana baik di pusat maupun daerah. Adapun proses yang dilakukan adalah PNS melakukan tes dengan metode CAT BKN guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi sehingga pegawai mendapatkan hasil pemetaan secara cepat. Dalam pelaksanaan pemetaan PNS akan dikumpulkan data informasi pegawai terkait kompetensi yang diamanatkan Undang-Undang ASN. Dari proses pemetaan tersebut diharapkan dapat terwujud sistem informasi kepegawaian ASN berbasis kompetensi yang didukung oleh sistem informasi kearsipan yang komprehensif.

Selain mendapatkan pengarahan dari Sekretaris Utama BKN, rapat juga membahas terkait materi yang akan digunakan dalam pemetaan yang kemudian akan dimasukkan dalam aplikasi yang telah disiapkan BKN. Proses penyusunan materi pemetaan dilakukan selama tiga bulan, adapun sosialisasi dan pelaksanaan pemetaan akan menyesuaikan dengan pelaksanaan seleksi-seleksi lainnya dengan mempertimbangkan adanya seleksi Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas dan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di tahun 2018 ini. fhu/dep

Sumber : http://www.bkn.go.id/berita/bkn-persiapkan-gelar-pemetaan-kompetensi-pns-dengan-cat-bkn