Bertempat di Aula Kantor Walikota Bima, dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis arsip lingkup Pemerintah Kota Bima Tahun 2018. Bimtek dibuka secara resmi oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Bima Bapak Dr. Ir. Samsuddin dan dihadiri oleh Seluruh Pimpinan Organsasi Perangkat Daerah Kota Bima serta 50 orang peserta dari OPD Pemerintah Kota Bima. Plt. Sekda dalam sambutannya mengingatkan pentingnya kegiatan ini diharapkan kepada seluruh peserta agar serius dalam menerima materi yang akan disampaikan oleh Narasumber.

Arsip memiliki arti yang sangat penting bagi sebuah lembaga, dan hal itu menjadikan arsip harus untuk diselamatkan karena informasi yang terekam dalam arsip banyak menyimpan berbagai informasi penting tentang memori kolektif bangsa atau lembaga yang dapat dijadikan sebagai bahan bukti pertanggungjawaban di masa kini atau mendatang.

Arsip menjadi bukti otentik mengenai penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan kelembagaan yang merupakan bagian dari kehidupan berkebangsaan. Oleh karena itu arsip yang tersimpan di lembaga kearsipan instansi-instansi pemerintahan harus dikelola dengan baik melalui pemeliharaan dan perawatan yang tepat sehingga keberadaan arsip dapat dipertahankan selamanya mengikuti daur hidup arsip.

Oleh sebab itu, pemeliharaan dan perawatan arsip harus senantiasa dilaksanakan oleh lembaga arsip maupun lembaga pencipta arsip, namun tentu saja hal itu tidak bernilai guna apabila pengelolaanya tidak profesional. Dengan penataan/pengelolaan yang profesional maka arsip sebagai bahan penyaji informasi dan bukti otentik sebuah lembaga dapat ditemukan dengan cepat dan mudah. Pokok masalah tentang kearsipan adalah pada bagaimana penemuan kembali arsip dan bukan pada bagaimana penyimpanannya. Informasi yang tertulis disimpan untuk kemudian dipergunakan pada waktu yang akan datang.

Pelaksanaan Bimbingan teknis arsip ini bekerjasama dengan ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA (ANRI)  dan Narasumber yang memberikan materi adalah dari ANRI dan arsiparis dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bima.