Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur yang mempunyai peran sebagai penggerak utama dalam mewujudkan visi dan misi, tujuan organisasi Pemerintah, tercipta Pemerintahan yang bersih dan berwibawa (good governance) serta mewujudkan pelayanan publik yang baik, efisien, efektif dan berkualitas maka diperlukan adanya dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur yang Profesional, bertanggungjawab, adil, jujur dan kompeten dalam bidangnya sehingga Pegawai Negeri Sipil diharapkan dapat menjalankan tugas sesuai kualifikasi kompetensi dan bidang ilmu yang dimilikinya. Hal ini sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 7 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Manajerial Pegawai Negeri Sipil.

Untuk itu diperlukan adanya penilaian kompetensi. Hal ini dilakukan agar dapat diperoleh data atau informasi tentang  kompetensi pejabat struktural eselon IV  yang dipersyaratkan untuk melaksanakan tugas jabatan.

Sehubungan dengan itu, maka Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bima pada tanggal 17 s.d. 20 April 2018 bertempat di SMAN 3 Kota Bima melaksanakan Assesment Test bagi Pejabat Struktural Eselon IV  di Lingkungan Pemerintah Kota Bimaa.

Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bima, Drs. H. Supratman, MAP  dan dihadiri oleh Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bima, Rusdhan Har, SE  Tim Asesor dari BKD Provinsi NTB serta pejabat struktrural lainnya di lingkungan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bima. Peserta yang mengikuti adalah sebanyak 586 orang dari Eselon  IV.

Penilaian Assesment Test Pejabat Struktural  ini dimaksudkan agar dapat diperoleh data atau informasi tentang kompetensi pejabat struktural eselon IV yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Bima. Sedangkan Tujuannya adalah :

  • Untuk mewujudkan standar kompetensi jabatan pejabat struktural
  • Membantu pimpinan dalam mengembangkan manajemen pegawai negeri sipil berbasis kompetensi.
  • Dapat melakukan penilaian kompetensi kepemimpinan di lingkungan pegawai negeri sipil khususnya pegawai negeri sipil di Pemerintah Kota Bima.

Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan penilaian Assessment pejabat struktural adalah :

  • Mendapatkan profil kompetensi seluruh pejabat struktural yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bima
  • Mendapatkan informasi secara terperinci dan komprehensif mengenai setiap peserta untuk dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan bidang sumber daya manusia yang ada di Pemerintah Kota Bima.
  • Tersusunnya standard kompetensi jabatan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Bima.